Nyangku 2011

Selasa, 20 Januari 2015

“NYANGKU” HARUS DILESTARIKAN

Penghormatan Atas Jasa Para Leluhur

PANJALU, ( KP), -
Senin (19/1/2015) alun-alun Panjalu berbeda dengan hari biasanya. 
Di tempat itu ribuan warga dari berbagai daerah tumplek untuk menyaksikan upcara adat nyangku, yakni proses pencucian benda pusaka peninggalan Prabu Sanghiang Boros Ngora.
Selain dipadati warga, tampak hadir Bupati Ciamis Iing Syam Arifin dan para pejabat teras lainnya.
Juru Kunci Bumi Alit, Usup Sanusi mengatakan, kegiatan ini selalu dilakukan secara rutin setiap tahun, pada bulan Maulid. 
Upacara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Prabu Sanghiang Boros Ngora atas jasa-jasanya, sebagai Raja Galuh penyebar agama Islam pertama dan tradisi ini sudah diperingati sejak jaman Prabu Sanghiang Boros Ngora. 
Lebih lanjut menurut Usup, prosesi pencucian benda pusaka peningalan Prabu Sanghiang Boros Ngora, dimulai berangkat dari tempat penyimpanan pusaka di Bumi Alit. 
Setelah itu pukul 08.00 pusaka dibawa menuju Nusa Gede Situ Lengkong untuk dilaksanakan ritual tertentu. Setelah selesai pusaka tersebut dibawa lagi ke alun -alun untuk dilaksanakan prosesi penyucian pusaka dengan tirta kahuripan, yang diambil dari 9 sumber mata air.
Usai pencucian, pusaka-pusaka tersebut dibungkus lagi dengan kain putih untuk disimpan di Bumi Alit.
Bupati Kabupaten Ciamis. H. Iing Syam Arifin, mengatakan, budaya adat nyangku yang biasa dilaksanakan oleh warga Panjalu, sudah merupakan aset wisata budaya Ka­bupaten Ciamis yang harus terus dilestarikan.
Bupati Iing Syam Arifin meng­imbau kepada masyarakat agar tradisi budaya nyangku ini, agar dipahami oleh masyarakat agara budaya nyangku ini jangan dijadikan sebagai budaya rebutan air, tetapi sebagai wu­jud penghormatan terhadap pa­ra leluhur kita atas jasa-jasanya. 
Bahkan kini Pemkab Ciamis telah membuka lagi akses jalan supaya warga yang berada di luar Kab. Ciamis lebih mudah untuk datang ke Panja­lu, “ ujarnya. ( E. Setia Budi). ***

Sumber:http://www.kabar-priangan.com/

Baca:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar