Nyangku 2011

Rabu, 20 Desember 2017

Keren!! Nyangku Dijadikan Warisan Budaya Tak Benda Nasional 2017

Puncak Rangkaian Acara Upacara adat nyangku dilaksanakan pada hari Senin (18/12/2017) di Taman Borosngora Alun-Alun Panjalu, Kecamatan panjalu, Kabupaten Ciamis. Tamu Undangan dalam Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Ciamis. Wakil Bupati Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, Kapolres Ciamis, Mantan Kapolda Jabar dan tamu dari Kraton Yogyakarta.
Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Upacara Adat Nyangku sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional 2017.
Penetapan WBTB ini berkorelasi kuat dengan upaya pemerintah yang ingin menumbuhkan karakter relijius, nasionalis dan berbudaya kepada generasi muda. Melalui program Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), pemerintah pusat dan daerah bisa mengajak siswa untuk menelisik, mempelajari, dan mengamalkan semua nilai-nilai kearifan lokal di daeranya masing-masing seperti Upacara Adat Nyangku ini.
Dalam Upacara tahunan yang dilakukan di Panjalu tersebut, Bupati Ciamis, H. IIng Syam Arifin menyerahkan sertifikat WBTB Nasional 2017 kepada Ketua Yayasan Borosngora dan disambut meriah oleh seluruh warga Panjalu.
Ketua Yayasan Borosngora, Kang Mamay mengatakan bahwa “Nyangku benar diakui asli dan resmi sebagai peninggalan dari leluhur orang Panjalu yaitu Prabu Sanghiang Borosngora oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.”
“Upacara ini Unik dan tidak ada yang seperti Nyangku di tempat lain.sehingga perlu untuk dipelihara dan dipertahankan keberadaannya”tambahnya.
Dalam acara tersebut Yayasan Borosngora mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bupati Ciamis dan kepala Dinas Parawisata yang telah ikut serta dalam terselenggaranya Upacara Adat Nyangku ini.

Sumber: wartapriangan.com